Pelayanan

  1. Pelayanan Perpustakaan Umum

    Senen s/d Kamis            jam 07.30 s/d 21.00 WIB
    Jum’at s/d Sabtu            jam 07.30 s/d 17.00 WIB
    Minggu                          Tutup

  2. Pelayanan Kearsipan

    Senen s/d Kamis            jam 07.30 s/d 21.00 WIB
    Jum’at s/d Sabtu            jam 07.30 s/d 17.00 WIB
    Minggu                          Tutup

( disamping jadwal tsb diatas, jika Arsip dibutuhkan sewaktu – waktu petugas dapat memberikan pelayanan)


Persyaratan Membuat Kartu Anggota
     Diperuntukan bagi masyarakat yang berdomisili di wilayah Kecamatan Banyuwangi, Kecamatan Giri, Kecamatan Glagah (khusus Kelurahan), sedangkan diwilayah pedesaan dan kecamatan dilayani dengan kunjungan Perpustakaan keliling ( khususnya disekolah SLTP,SLTA dan pondok pesantren).

Umum :
  1. Mengisi formulir yang telah disediakan dan diketahuai/ditandatangani oleh kepala kelurahan
  2. Foto Copy KTP 3 lembar
  3. Foto warna ukuran 2×3 sebanyak 3 (tiga) lembar

Pelajar:

  1. Mengisi Formulir yang tealah disediakan dan diketahui / ditandatangani oleh Kepala Sekolah/ Dekan untuk Mahasiswa
  2. Foto copy kartu pelajar atau kartu mahasiswa 3 lembar
  3. Foto berwarna ukuran 2×3 sebanyak 3 lembar

- Permohonan kartu anggota dapat diselesaikan dalam waktu ⅔ hari dan tidak dipungut biaya

- Kartu anggota berlaku 2 tahun dan untuk perpanjangan kartu anggota berlaku persyaratan awal

 

Tata tertib peminjaman buku di Perpustakaan umum

  1. Mempunyai kartu anggota
  2. Jangka waktu peminjaman 1 (satu) minggu
  3. Maksimal buku yang dipinjam 3 (tiga) buah
  4. Buku yang dipinjam maksimal di perpanjang 2 kali
  5. Pengembalian yang terlambat sampai 2 kali, dikenakan denda berupa jumlah peminjaman di kurangi tinggal 1 (satu) buku
  6. Apabila pengembalian terlambat sampai dengan 3 (tiga) kali, maka kartu anggota akan dicabut.
  7. Kehilangan buku denda mengembalikan buku sesuai dengan klasifikasi buku yang hilang

 

Pelayanan Perpustakaan Keliling
  1. Perpustakaan keliling melayani Perpustakaan sekolah, Perpustakaan pondok pesantren, Perpustakaan desa dan Perpustakaan khusus yang berada di luar jangkauan Perpustakaan umum
  2. Pelayanan Perpustakaan keliling dilaksanakan secara berkala
  3. Untuk dapat dilayani Perpustakaan keliling, pengelola mengajukan permohonan untuk kerja sama Perpustakaan kepada kepala kantpr Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi
  4. Tanggung jawab pengembalian buku ada pada pengelola
  5. Tata tertib peminjaman berlaku seperti Perpustakaan umum kecuali persyaratan KTA, dikarnakan sudah ada perjanjian kerja sama.

Pelayanan Pustaka dan Informasi

  1. Mendata Perpustakaan sekolah, pondok pesantren, desa/kelurahan, khusus atau sudut bacaan yang tersebar di kabupaten Banyuwangi
  2. Memberikan pembinaan dan pelatihan tentang pengelolaan Perpustakaan
  3. Mengupayakan / memberikan bantuan buku bacaan pada Perpustakaan dengan syarat mengajukan proposal

 

Pelayanan kearsipan

  1. Pelayanan kepada Masyarakat.
  2. Apabila diperlukan masyarakat dapata meminjam Arsip yang telah disimpan si depo dengan syarat mengajukan surat instansi pemilik
  3. Mengisi daftar peminjaman
  4. Arsip yang dipinjam tidak boleh dibwah pulang (hanya boleh dibawah ditempat)
  5. Penggandaan/foto copy hanya dapata dilakukan oleh petugas kearsipan atas persetujuan pemilik Arsip
  6. Pencarian Arsip dilakukan dengan kartu atau data yang ada di computer
  7. Peminjaman Arsip tidak dikenai beaya, beaya foto copy  ditanggung peminajam
  1. Pelayanan penyimpanan Arsip SKPD
  2. SKPD dapat menyimpan Arsip Inaktif atau Statisnya di Depo Arsip
  3. SKPD mengirim Arsip yang sudah di olah atau masih kacau
  4. Pengiriman Arsip dilampiri daftar rinci
  5. Arsip yang dating dipilah dan diolah sesuai dengan klasifikasi
  6. Arsip disimpan dalam dos yang telah diberi lebel
  7. Memberikan pembinaan kepada SKPD tentang pencptaan dan pengelolaan Arsip
  8. Memberikan kaepada SKPD untuk dapatnya menyimpan Arsip inaktif di kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi
  9. Mengadakan peninjauan retensi Arsip secara berkala
  10. Memusnahkan Arsip yang sudah habis retensinya (masa berlakunya) dengan persetujuan instansi pemilik

Pelayanan  Peminjaman / pengambilan oleh SKPD

  • Peminjaman atau pengambilan Arsip yang ada di depo oleh pemilik harus memakai surat resmi dengan mencantumkan nomer Arsip
  • Peminjaman Arsip milik SKPD lain harus seijin pemilik arsip dengan surat resmi.